Program C++ Menghitung Luas Lingkaran dan Kelilingnya

Share:

Menghitung luas lingkaran dan kelilingnya sudah kita pelajari di Sekolah Dasar. Dan berikut ini Program C++ Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran.

Gambar Thumbnail Post Program C++ Menghitung Luas Lingkaran

Halo! Kamu saat ini berada di seri Contoh Program C++ One Tekno. Artikel ini akan menyajikan Kode Program C++ Menghitung Luas Lingkaran dan Keliling Lingkaran sebagai bahan belajar dan referensi tugas. 




Pendahuluan

Menghitung luas lingkaran dan kelilingnya sudah kita pelajari di Sekolah Dasar. Masih ingat dengan rumusnya? 

Rumus Menghitung Luas Lingkaran

L  =  π x r x r


Rumus Menghitung Keliling Lingkaran

K =  π x D

Keterangan : 

π  : 22/7 atau 3.14

r  : Jari-jari

D : Diameter (2xr)

L : Luas

K : Keliling


Dengan mengetahui rumusnya, kita akan dengan mudah bisa mengetahui seperti apa kode Program C++ untuk menentukan luas dan keliling lingkaran. 


Baik, mari kita ke programnya!



Program C++ Menghitung Luas Lingkaran

Ingat! Untuk r atau D yang merupakan kelipatan 7 maka gunakan phi = 22/7, selain itu gunakan phi = 3.14. 

Pernyataan di atas dapat kita terjemahkan ke bahasa program dengan if/else


Berikut programnya! 


Program : 

#include <iostream>
#define phi 3.14

using namespace std;

int main() {
    cout << "=====================================" << endl;
    cout << "Program C++ Menghitung Luas Lingkaran" << endl;
    cout << "=====================================" << endl;

    // Rumus : phi * r * r
    // phi = 3.14 atau 22/7 (untuk r kelipatan 7)

    cout << endl;

    int r; //variabel jari-jari
    float L; // variabel Luas

    cout << "Panjang jari-jari : " ; cin >> r;
    if (r % 7 == 0) {
        L = (22 * r * r) / 7;
    }else {
        L = phi * r * r;
    }

    cout << "Luas Lingkaran dengan jari-jari " << r << " adalah " << L;
    cout << endl << endl;
    return 0;
}

Output :

=====================================
Program C++ Menghitung Luas Lingkaran
=====================================
Panjang jari-jari : 14
Luas Lingkaran dengan jari-jari 14 adalah 616

Penjelasan Program

#define phi 3.14

Ini adalah Macro Definitions Preprocessor Directive.  

Singkatnya ini adalah sebuah arahan untuk prosesor sebelum mengeksekusi program yang telah kita tulis. Ini bisa kita artikan bahwa kita mendefinisikan 'phi' dengan nilai 3.14. 


phi disebut Identitas, 3.14 adalah nilainya. 

#define IDENTITAS nilai


Apabila  dalam program kita gunakan Identitas 'phi' maka sebelum program dieksekusi, phi akan diganti dengan 3.14. 


Sebenarnya kita bisa gunakan variabel seperti biasa float phi = 3.14; 

Ini akan sama hasilnya, bedanya variabel membutuhkan memori sedangkan Prepocessor Makro Definisi tidak. 


Saya anggap paham ya! Jika belum teman-teman bisa cari penjelasannya di Internet. 



    if (r % 7 == 0) {
        L = (22 * r * r) / 7;
    }else {
        L = phi * r * r;
    }

Ini adalah blok if/else untuk menentukan apakah Phi menggunakan 3.14 atau 22/7. 

Jika saya melihat banyak tutorial lainnya, tidak ada yang menggunakan ini. Sebenarnya boleh saja, tetapi hasilnya akan berbeda. 


3.14 adalah hasil dari pembulatan ke bawah dari 22/7. 

Jika dihitung dengan kalkulator, 22/7 = 3.14285714286


Perhatikan:

3.14 x 7 x 7 =  153.86

22/7 x 7 x7 = 154

3.14 x 10 x 10 =  3.14

22/7 x 10 x 10 = 314.285714286


Berbeda!


Itulah mengapa ada aturan : 

Jika jari-jari adalah kelipatan 7, maka phi = 22/7

Jika jari-jari bukan kelipatan 7, maka phi = 3.14


Jadi di program ini saya mengikuti aturan tersebut. 


    if (r % 7 == 0

Di baca : Jika modulus/hasil bagi r dengan 7 sama dengan 0. Ini digunakan untuk mengecek apakah r adalah kelipatan 7

Jika ya, maka  L = (22 * r * r) / 7;  akan dieksekusi. 


Mengapa bukan 22/7 * r* r

Karena 22/7 akan menghasilkan float, sedangkan r adalah interger. Jika float dikalikan interger, maka float akan dikonversi ke interger dahulu. Sehingga hasilnya akan salah. 

Mengapa r tidak dijadikan float saja? Karna float tidak bisa dimoduluskan. Sedangkan kita membutuhkannya di atas. 


    else {
        L = phi * r * r;
    }

Jika kondisi tidak terpenuhi atau r bukan kelipatan 7, maka kode dalam else{} akan dieksekusi. 

Disini kita panggil phi. Sebelum phi * r * r dihitung, phi akan diganti dengan 3.14 oleh processor, sesuai arahan Makro definitions di atas. 


Paham ya teman-teman? 

Sekarang kita hitung keliling lingkarannya. 



Program C++ Menghitung Keliling Lingkaran

Program : 

#include <iostream>
#define phi 3.14

using namespace std;

int main() {
    cout << "=========================================" << endl;
    cout << "Program C++ Menghitung Keliling Lingkaran" << endl;
    cout << "=========================================" << endl;

    // Rumus : phi * D
    // phi = 3.14 atau 22/7 (untuk r kelipatan 7)

    cout << endl;

    int r, D;
    float K;

    cout << "Panjang jari-jari : " ; cin >> r;
    D = 2*r;
    if (r % 7 == 0) {
        K = (22 * D) / 7;
    }else {
        K = phi * D;
    }

    cout << "Keliling Lingkaran dengan jari-jari " << r << " adalah " << K;
    cout << endl << endl;

    return 0;

}

Output : 

=========================================
Program C++ Menghitung Keliling Lingkaran
=========================================

Panjang jari-jari : 14
Keliling Lingkaran dengan jari-jari 14 adalah 88


Penjelasan Program

    int r, D;
    cout << "Panjang jari-jari : " ; cin >> r;
    D = 2 * r;

Disini kita buat variabel D. Karena diameter sama dengan dua kali jari-jari, maka kita isikan nilai 2 * r ke variabel D. 

Sekarang variabel D bernilai dua kali jari-jari. 


    if (r % 7 == 0) {
        K = (22 * D) / 7;
    }else {
        K = phi * D;
    }

Kemudian jika r adalah kelipatan 7, maka eksekusi K = (22 * D) / 7; selain itu maka  K = phi * D;


Mudah ya teman-teman? 

Semoga bisa dipahami dan menambah pengetahuan teman-teman ya!



Penutup

Demikian Program C++ Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran dari blog One Tekno. Semoga bisa menjadi bahan belajar dan mengerjakan tugas teman-teman. 

Jika teman-teman ingin dibuatkan contoh lainnya, hubungi saya melalui email ke [email protected] atau komen di bawah. 


Share:
No Comment

In this article:

No Comment
x